VMotion Virtual Machine in vSphere EXSi 6.0

Dalam vSphere 6.0 ada yang namanya vmotion. Vmotion adalah proses migrasi VM dari satu host ke host yang lain. Untuk kebutuhan simulasi kalian membutuhkan vSphere dengan lisensi vSphere Essensial Plus Kit. Karena dalam lisensi vSphere Essensial Kit tidak terdapat fitur VMotion. Untuk pembelian Lisensi kalian dapat membelinya langsung di VMware atau jika tidak mau ambil pusing, kalian bisa membeli Lisensi pada PT Excellent. Coba kunjungi web site excellent.co.id atau kirimkan email ke sales@excellent.co.id. Terdapat banyak benefit membeli Lisensi di Excellent salah satunya adalah free mengikuti Training yang di selenggarakan Excellent, dan Layanan Support Level 1.

Sebelum melakukan simulasi, kalian harus memiliki shared storage (NAS, NFS, iSCSI) yang terhubung ke dua atau lebih host. Dalam simulasi ini saya menggunakan iSCSI sebagai share Storage. Jika kalian ingin mencobanya kalian bisa menggunakan Synology sebagai NAS, atau kalian bisa menggunakan iSCSI pada FreeNAS.

1. Langkah pertama adalah akses vcenter kalian dengan mengetikan nama atau IP dari vCenter kalian.

2. Kemudian pada Menu Network buat VMkernel disetiap host dengan menggunakan IP yang berbeda. Jangan lupa untuk mengaktifkan vmotion trafic service.

3. Jika VM kernel sudah di tambahkan, langkah selanjutnya adalah, pastikan image VM yang akan kita migrasikan berada di share storage. Kalau kalian belum memiliki VM, kalian bisa membuat VM dan meletakan image ke shared storage.

4. Pastikan setiap host berada pada satu cluster, lalu Jalankan VM, setting IP dan test dengan perintah ping
5. Klik kanan pada VM tersebut, pilih menu Migrate. Lalu pilih Change Host pada pilihan Migration Type.

6.Pilih host tujuan. Dalam simulasi ini VM berada pada host 192.168.80.2 dan akan di migrasikan ke host 192.168.80.3

7. Pilih Network. Pada bagian ini tetukan network asal dan network tujuan. Dalam hal ini pilih network yang digunakan oleh Host pengirim dan Host tujuan.

8. Pilih Schedule vMotion With High Priority sebagai priority untuk vMotion

9. Klik Finish

Perhatikan hasil test perintah ping, semestinya tidak ada proses down time dan setelah beberapa saat, VM yang secara fisik ada pada server pertama akan berpindah ke server tujuan tanpa perlu mematikan VM tersebut atau menyalin datanya secara manual

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *